Tugas OpenGL
Grafik Komputer & Pengolahan Citra
Materi yang berjudul diatas menjadi tugas blog saya kali ini, dimana saya akan membuat tugas berupa pembuata garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal. Ini bukanlah sembarang garis melainkan garis yang dibuat menggunakan program khusus atau program melalui OpenGL. Dimana terdapat kodingan khusus didalam OpenGL ini agar dapat membuat garis-garis tersebut secara benar dengan compiler Dev C++.
Pertama yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
- Dev C++ (pastikan komputer anda sudah terinstal aplikasi ini)
- Header glut (header yang digunakan untuk OpenGL
Sebelumnya saya akan menjelaskan apa OpenGL itu sendiri. OpenGL
adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk
keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource,
multi-platform dan multi language.
Library
dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan.
Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
- Glut.h
- Glut32.lib
- Glut32.dll
CARA MEMBUAT GARIS HORIZONTAL, VERTIKAL & DIAGONAL
A. Membuat Garis Horizontal.
Pertama kita membuat kodingan pada lembar kerja Open GL, tetapi sebelumnya lembar kerja tersebut sudah diisi dengan source code untuk lembar kerja OpenGl, dan kita menuliskan kodingan tersebut pada bagian /*OpenGL animation code goes here */.
ini adalah kodingan yang kita tuliskan pada bagian tersebut :
/*Untuk
membuat garis Horizontal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
//
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f);
glEnd();
glPopMatrix();
SwapBuffers
(hDC);
Sleep
(1);
atau gambarnya pada kodingan itu dituliskan pada OpenGl :
Kodingan Garis Horizontal |
Berikut ini adalah hasil gambar dari kodingan tersebut dengan cara meng-compile program tersebut dengan cara menekan tombol F9, jika program benar makan gambar akan muncul :
Garis Horizontal |
B. Membuat Garis Vertikal.
ini adalah kodingan yang kita tuliskan pada bagian tersebut :
/*Untuk
membuat garis Vertikal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix
();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
//
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd
();
glPopMatrix
();
SwapBuffers
(hDC);
Sleep
(1);
atau gambarnya pada kodingan itu dituliskan pada OpenGl :
Kodingan Garis Vertikal |
Berikut ini adalah hasil gambar dari kodingan tersebut
dengan cara meng-compile program tersebut dengan cara menekan tombol F9,
jika program benar makan gambar akan muncul :
Garis Vertikal |
C. Membuat Garis Diagonal
ini adalah kodingan yang kita tuliskan pada bagian tersebut :
/*Untuk
membuat garis Diagonal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix
();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
//
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd
();
glPopMatrix
();
SwapBuffers (hDC);
Sleep
(1);
atau gambarnya pada kodingan itu dituliskan pada OpenGl :
Kodingan Garis Diagonal |
Berikut ini adalah hasil gambar dari kodingan tersebut
dengan cara meng-compile program tersebut dengan cara menekan tombol F9,
jika program benar makan gambar akan muncul :
Garis Diagonal |
======== SELESAI ========
Nama : Sri Purwandari
NPM : 16110668
Kelas : 3 KA 31
======= TERIMA KASIH ========
Tidak ada komentar:
Posting Komentar