skip to main | skip to sidebar

About me

Foto saya
Serrii
selamat datang di blog saya. blog ini tempat untuk menyampaikan tugas" kuliah saya yg bersifat online. mohon bantuannya. trims^^
Lihat profil lengkapku

Me

Me

Followers

Archivo del blog

  • ►  2014 (6)
    • ►  Juli (1)
    • ►  Mei (2)
    • ►  April (1)
    • ►  Maret (1)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2013 (9)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (1)
    • ►  Oktober (2)
    • ►  Juni (2)
    • ►  April (2)
    • ►  Januari (1)
  • ▼  2012 (15)
    • ►  Desember (7)
    • ►  November (3)
    • ▼  Oktober (2)
      • Grafik Komputer & Pengolahan Citra (Tugas OpenGL)
      • Dampak Pemakaian “Jejaring Sosial” di Indonesia
    • ►  Maret (3)
  • ►  2011 (10)
    • ►  Desember (2)
    • ►  November (2)
    • ►  Oktober (4)
    • ►  September (2)

Subscribe To

Postingan
Atom
Postingan
Komentar
Atom
Komentar

Time

My Facebook

Sri Purwandari

Buat Lencana Anda
Diberdayakan oleh Blogger.

About

Sri Purwandari Blog

Rabu, 24 Oktober 2012

Grafik Komputer & Pengolahan Citra (Tugas OpenGL)

Tugas OpenGL

Grafik Komputer & Pengolahan Citra

Materi yang berjudul diatas menjadi tugas blog saya kali ini, dimana saya akan membuat tugas berupa pembuata garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal. Ini bukanlah sembarang garis melainkan garis yang dibuat menggunakan program khusus atau program melalui OpenGL. Dimana terdapat kodingan khusus didalam OpenGL ini agar dapat membuat garis-garis tersebut secara benar  dengan compiler Dev C++.

Pertama yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
  1. Dev C++ (pastikan komputer anda sudah terinstal aplikasi ini)
  2. Header glut (header yang digunakan untuk OpenGL
Sebelumnya saya akan menjelaskan apa OpenGL itu sendiri. OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language.
Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
  1. Glut.h
  2. Glut32.lib
  3. Glut32.dll

CARA MEMBUAT GARIS HORIZONTAL, VERTIKAL & DIAGONAL

A. Membuat Garis Horizontal.

Pertama kita membuat kodingan pada lembar kerja Open GL, tetapi sebelumnya lembar kerja tersebut sudah diisi dengan source code untuk lembar kerja OpenGl, dan kita menuliskan kodingan tersebut pada bagian /*OpenGL animation code goes here */. 

ini adalah kodingan yang kita tuliskan pada bagian tersebut :

/*Untuk membuat garis Horizontal*/

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix();           
glClearColor(1,1,1,0);  
glColor3f(1,1,1); //      
glBegin(GL_LINES);               
 glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);  

glEnd();  
glPopMatrix(); 

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);
atau gambarnya pada kodingan itu dituliskan pada OpenGl :

Kodingan Garis Horizontal



Berikut ini adalah hasil gambar dari kodingan tersebut dengan cara meng-compile program tersebut dengan cara menekan tombol F9, jika program benar makan gambar akan muncul :

Garis Horizontal

B. Membuat Garis Vertikal.

ini adalah kodingan yang kita tuliskan pada bagian tersebut :

/*Untuk membuat garis Vertikal*/

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();             
glClearColor(1,1,1,0);    
glColor3f(1,1,1); //         
glBegin(GL_LINES);                
 glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  
glVertex3f(0,0,0.0);                

glEnd ();             
glPopMatrix (); 

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

atau gambarnya pada kodingan itu dituliskan pada OpenGl :

Kodingan Garis Vertikal
 Berikut ini adalah hasil gambar dari kodingan tersebut dengan cara meng-compile program tersebut dengan cara menekan tombol F9, jika program benar makan gambar akan muncul :

Garis Vertikal

C. Membuat Garis Diagonal

ini adalah kodingan yang kita tuliskan pada bagian tersebut :

/*Untuk membuat garis Diagonal*/

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 

glPushMatrix ();          
glClearColor(1,1,1,0);   
glColor3f(1,1,1); //       
glBegin(GL_LINES);        
glVertex3f(0,0,-0.8);        
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);  

glEnd ();            
glPopMatrix ();  

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

atau gambarnya pada kodingan itu dituliskan pada OpenGl :

Kodingan Garis Diagonal
 Berikut ini adalah hasil gambar dari kodingan tersebut dengan cara meng-compile program tersebut dengan cara menekan tombol F9, jika program benar makan gambar akan muncul :

Garis Diagonal
 ======== SELESAI ========

Nama : Sri Purwandari
NPM : 16110668
Kelas : 3 KA 31 

======= TERIMA KASIH ======== 
Diposting oleh Serrii di 17.14
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Bagikan ke XBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Blog Design by Gisele Jaquenod