NPM : 16110668
KElas : 2 KA 31
*Teori Organisasi Umum* Manajemen & Organisasi
1). Pengertian Manajemen Organisasi.
*Organisasi
a. Organisasi dalam arti statis ialah : Organisasi adalah wadah kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
b. Organisasi dalam arti dinamis ialah : Organisasi adalah sebuah sistem atau kegiatan sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Organisasi sebagai suatu kelompok orang yang bersatu dalam tugas-tugas, terikat pada lingkungan tertentu, menggunakan alat teknologi dan patuh pada peraturan (Malinowski).
Organisasi timbul bilamana orang-orang yang bergabung di dalam suatu usaha mencapai tujuan bersama (James D. Mooney).
Organisasi ada bila orang-orang berhubungan satu dengan yang lain, mau bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama (Chester I. Barnard).
Organisasi sebaai suatu kesatuan, yaitu sekelompok orang yang terlibat bersama-sama di dalam hubungan yang resmi untuk mencapai tujuan-tujuan (Henry L. Sisk).
Organisasi merupakan suatu sistem terbuka, yang memiliki interaksi konstan dengan lingkungannya, serta terdiri dari banyak sub-grup, unit-unit jabatan, susunan hierarki serta segmen yang tersebar secara geografis (Schein).
Organisasi dapat dilihat dengan dua cara berbeda, yaitu:
1) organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan, dan memperoleh input untuk diolah yang berasal dari lingkungan serta menyalurkan output hasil pengolahan ke lingkungan kembali.
2) organisasi sebagai sekelompok orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama (Monir H. Thayeb).
1) organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan, dan memperoleh input untuk diolah yang berasal dari lingkungan serta menyalurkan output hasil pengolahan ke lingkungan kembali.
2) organisasi sebagai sekelompok orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama (Monir H. Thayeb).
Organisasi adalah wadah atau tempat terselenggaranya administrasi, didalamnya terjadi berbagai hubungan antar-individu maupun kelompok, baik dalam organisasi itu sendiri maupun keluar, terjadinya kerjasama dan pembagian tugas dan berlangsungnya proses aktivitas berdasarkan kinerja masing-masing.
*Manajemen
2). Fungsi - Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli.
Henry G. Hodges mengemukakan empat bentuk bagan organisasi, yaitu:
a). Bentuk piramid ialah Bentuk ini yang paling banyak digunakan, karena sederhana, jelas dan mudah dimengerti.
contoh gambar :
b). Bentuk vertikal ialah Bentuk vertikal agak menyerupai bentuk piramid yaitu dalam hal pelimpahan kekuasaan dari atas ke bawah, hanya bagan vertikal berwujud tegak sepenuhnya.
Contoh Gambar :
c). Bentuk horizontal ialah Bagan ini digambarkan secara mendatar. Aliran wewenang dan tanggung jawab digambarkan dari kiri ke kanan.
Contoh Gambar:d). Bentuk lingkaran ialah Bagan ini menekankan pada hubungan antara satu jabatan dengan jabatan lain. Bagan bentuk lingkaran jarang sekali digunakan dalam praktek.
Contoh Gambar :SUMBER :
http://putracenter.net/2008/11/21/definisi-manajemen-menurut-para-ahli/
http://www.anakciremai.com/2008/05/makalah-manajemen-tentang-pengertian.html
Manajemen & Implementasi dalam Organisasi. Oleh Drs. H. Hafidi , ZA , MM Dosen STIE Bina Bangsa Banten.
*Manajemen
Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam, ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan dan lain se- bagainya. Bila dilihat dari literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian:
1. manajemen sebagai suatu proses.
2. manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).
Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagai mana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
1). Encylopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2). Haiman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
3). Georçv R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Manajemen suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut manajer.
Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen.
Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :
Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :
1. Chaster I Bernard dalam bukunya yang berjudul JTAe^Bnctíon of the Executive, bahwa manajemen yaitu seni dan ilmu, juga Henry Fajol, Alfin Brown Harold, Koontz Cyril O’donnel dan GerQge K Terry.
2. Marry Parker FoUett menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Dari devinisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
2). Fungsi - Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli.
Sampai saat ini, masih belum ada consensus baik di antara praktisi maupun di antara teoritis mengenai
apa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen, sering pula disebut unsur-unsur manajemen. Berbagai pendapat mengenai fungsi-fungsi manajemen akan tampak jelas dengan dikemukakannya.
apa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen, sering pula disebut unsur-unsur manajemen. Berbagai pendapat mengenai fungsi-fungsi manajemen akan tampak jelas dengan dikemukakannya.
Beberapa pendapat para ahli sebagai berikut:
1). James A.F.Stoner:
- Perencanaan (Planning)
- Mengorganisir (Organizing)
- Mengambil keputusan
- Mengawasi (Controlling).
2). Ernest Dale :
- Perencanaan (Planning).
- Mengorganisir (Organizing).
- Melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing).
- Innovating.
- Respresenting.
- Mengawasi (Controlling).
- Mengarahkan (Directing).
3). George Terry :
- Perencanaan (Planning).
- Mengorganisir (Organizing).
- Penggerakan (Actuating).
- Mengawasi (Controlling).
4). Henry Fayol :
- Perencanaan (Planning).
- Mengorganisir (Organizing).
- Memerintah (Commanding).
- Mengkoordinir (Coordinating).
- Mengawasi (Controlling).
3). Bagan Struktur Organisasi.Henry G. Hodges mengemukakan empat bentuk bagan organisasi, yaitu:
a). Bentuk piramid ialah Bentuk ini yang paling banyak digunakan, karena sederhana, jelas dan mudah dimengerti.
contoh gambar :
b). Bentuk vertikal ialah Bentuk vertikal agak menyerupai bentuk piramid yaitu dalam hal pelimpahan kekuasaan dari atas ke bawah, hanya bagan vertikal berwujud tegak sepenuhnya.
Contoh Gambar :
c). Bentuk horizontal ialah Bagan ini digambarkan secara mendatar. Aliran wewenang dan tanggung jawab digambarkan dari kiri ke kanan.
Contoh Gambar:d). Bentuk lingkaran ialah Bagan ini menekankan pada hubungan antara satu jabatan dengan jabatan lain. Bagan bentuk lingkaran jarang sekali digunakan dalam praktek.
Contoh Gambar :SUMBER :
http://www.ilmumanajemen.com/index.php?option=com_content&view=article
http://putracenter.net/2008/11/21/definisi-manajemen-menurut-para-ahli/
http://www.anakciremai.com/2008/05/makalah-manajemen-tentang-pengertian.html
Manajemen & Implementasi dalam Organisasi. Oleh Drs. H. Hafidi , ZA , MM Dosen STIE Bina Bangsa Banten.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar